Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Redaksi Cumicumi.com dan Indigo Mengikuti Orientasi Wartawan yang Diselenggarakan PWI Jaya

CUMI XTRA
Redaksi Cumicumi.com dan Indigo Mengikuti Orientasi Wartawan yang Diselenggarakan PWI Jaya

Kamis, 13 Maret 2020 Redaksi cumicumi.com dan Indigo mengikuti kegiatan orientasi wartawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya.

orientasi-wartawan2.jpg

“Syukur Alhamdulillah teman-teman yang belum bergabung atau berorganisasi nampaknya lebih antusias memilih organisasi wartawan sekarang. Paling tidak mereka sudah memenuhi atau sudah menjalankan amanat dari UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers,” ucap Sayid Iskandarsyah, Ketua PWI DKI Jakarta di Gedung Prasada Sasana Karya, Jakarta Pusat.

Kegiatan orientasi sebagai syarat utama menjadi anggota PWI. Ada banyak keuntungan yang didapat wartawan setelah mengikuti proses orientasi.

“Kalau mereka memilih berorganisasi PWI artinya mereka sadar hukum dan mereka bisa mengambil keuntungan dalam hal semisal contoh bila ada sengketa jurnalistik, maka lembaga bantuan hukum atau tim pembela wartawan akan mendampingi,” ungkapnya.

“Berorganisasi itu pilihan karena di UU Nomor 40 kalau kita wartawan adalah landasan regulasi kita. Di UU Nomor 40 jelas diperintahkan wartawan harus memilih berorganisasi. Konsekuensi kalau nggak memilih artinya mereka tak taat hukum pada profesinya,” lanjutnya.

orientasi-wartawan3.jpg

Lebih lanjut, Ketua PWI DKI Jakarta berharap jurnalis bisa mendapatkan pemahaman dan pembekalan usai mengikuti kegiatan orientasi wartawan.

“Saya berharap teman-teman dapat pemahaman seperti pengetahuan, peraturan dasar dan rumah tangga, kemudian UU 40 serta kode etik jurnalistik. Dan peraturan-peraturan tentang pers seperti pedoman pemberitaan dan banyak lagi,” tandasnya.