Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Arya Permana Bongkar Tiga Rahasia Kurus, Berat Badan Turun dari 193 ke 83 Kilogram

CUMI XTRA
Arya Permana Bongkar Tiga Rahasia Kurus, Berat Badan Turun dari 193 ke 83 Kilogram

Masih ingat sosok Arya Permana? Bocah obesitas asal Karawang yang hebohkan publik karena berat badannya mencapai 193 kilogram di usia muda. Siapa sangka setelah menjalani proses penurunan berat badan selama tiga tahun, kini angka timbangan Arya mencapai 83 kilogram.

Berhasil menurunkan 110 kilogram lemak di tubuhnya, Arya mengaku memiliki tiga kunci rahasia. Pertama, bocah yang duduk di bangku SMU itu menerapkan diet makanan sehat. Arya mengaku hanya konsumsi makanan yang tak digoreng serta menjauhi minyak dan gula.

Arya-1.jpg

“Prosesnya tiga tahun, diet makanan. Hanya makan lauk pauk yang nggak boleh digoreng. Mengurangi minyak. Porsi makan nasi sedikit, ayamnya dibakar pokoknya ya menu makanannya ganti-ganti saja saja. Pokoknya kurangin konsumsi gula dan minyak,” ujar Arya Permana ditemui di Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis (23/1).

Selain mengurangi makanan yang digoreng dan makanan manis, Arya juga menjalani olahraga bersama personal trainer Ade Rai. Mengaku olahraga tak boleh dipaksa, Arya Permana jalani olahraga untuk sehat.

“Pak Ade Rai bilang kalau main ke Bandung, suruh main ke gym. Diajarin olahraga ringan-ringan kayak ngangkat barbell. Sekarang jarang nge-gym, aku biasanya olahraga basket dan berenang,” terang remaja ABG yang duduk di kelas 1 SMU itu.

Bongkar rahasia kurus karena pola makan sehat dan olahraga, Arya Permana juga lakukan operasi pengecilan lambung, beberapa tahun lalu. Dampak dari operasi tersebut menekan nafsu makan Arya yang sebelumnya tak karuan.

Arya-2.jpg

“Sekarang sudah kebiasaan jadi nggak lapar. Operasi pengecilan lambung efeknya kalau makan banyak sudah kenyang. Saya operasi tahun 2017 bulan Juni di RS Omni Alam Sutra. Diajak wartawan dari Inggris. Disaranin buat operasi, semua gratis. Jadi walau makan banyak gampang kenyang,” tutup Arya Permana. O gun/ana