Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Cumicumi.com Menjadi Lokasi Google News Initiative Training Network, Gagasan AMSI

CUMI XTRA
Cumicumi.com Menjadi Lokasi Google News Initiative Training Network, Gagasan AMSI

Maraknya berita palsu atau berita bohong atau hoaks di Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) memiliki gagasan menggelar Google News Initiative (GNI) Training Network.

Pelatihan GNI dilaksanakan di Kantor Cumicumi.com, Jalan Caringin Barat Kav. 12, Cilandak, Jakarta Selatan, selama dua hari yakni tanggal 23 dan 24 November, pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

amsi.jpg

Firman Agus dan Deni Yudiawan sebagai trainer siap membantu para jurnalis di Jakarta untuk menangkal hoaks yang beredar di media sosial dan internet.

Salah satu cara menangkap hoaks adalah membahas misinformasi hingga menganalisis sumber konten digital dengan menggunakan berbagai alat yang ada di internet.

"Kami redaksi cumicumi.com mengucapkan terima kasih atas kesempatan mendapat pelatihan cek dan fakta yang diselengarakan serentak di 23 titik news room di Indonesia, tanggal 23 sampai 24 November 2019," ucap Machroni Kusuma, Pemimpin Redaksi cumicumi.com.

"Dengan pelatihan tersebut personel redaksi kami dapat memiliki kemampuan melakukan analisa pelacakan digital sebuah informasi apakah benar atau hoaks, mulai dari analisa sumber di mana pertama kali berita tersebut muncul hingga membuat berita sebagai klarifikasi," sambungnya.

rk.jpg

"Pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 171 juta orang, maka sangat bahaya jika literasi dilakukan. Dengan pelatihan ini, jurnalis diharapkan tidak langsung percaya dengan langsung membuat berita dan sebarkan. Namun informasi yang didapat dan mampu dilakukan verifikasi dan analisa secara digital jika diperlukan, sehingga berita yang disampaikan benar," lanjutnya.

"Melalui kegiatan ini literasi kepada jurnalis, bisa melindungi redaksi dari kesalahan menulis atau menayangkan berita dan membantu mencegah hoaks dan penyebarannya," tutupnya. O vin