Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

BJ Habibie Curhat Depresi Pasca Ditinggal Ainun, Disarankan Masuk Rumah Sakit Jiwa

CUMI XTRA
BJ Habibie Curhat Depresi Pasca Ditinggal Ainun, Disarankan Masuk Rumah Sakit Jiwa

Kepergian Hasri Ainun 9 tahun lalu jadi pukulan yang sangat berat buat Bacharuddin Jusuf Habibie. Terpuruk ditinggal istri tercinta, Habibie sampai depresi berat hingga disarankan tim dokter untuk masuk rumah sakit jiwa.

"Kurang lebih seminggu setelah Ainun tiada, ditemukan oleh yang jaga rumah saya, bahwa saya dalam dua malam depresi. Tidak pakai sepatu, dalam keadaan kesadaran, saya nangis cari Ainun seperti anak kecil," cerita Habibie di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

bj-habibie.jpg

Tim dokter Jerman mengatakan Habibie sakit keras, yakni psikosomatik malignant. Penyakit kejiwaan itu disebabkan kehilangan seseorang yang begitu dekat, yang bisa berpengaruh pada gangguan fisik. Akhirnya, Habibie diberikan empat pilihan untuk menangani sakitnya.

BACA JUGA, Foto Bareng BJ Habibie, Kaki Shandy Aulia Bikin Gagal Fokus

"Dikatakan ada 4 option. (Pertama), segera saya dimasukan ke rumah penyakit jiwa. Kedua, saya tinggal di rumah, tim dokter dari Jerman yang datang ke rumah untuk treatment saya. Ketiga, saya menyampaikan masalah-masalah kepada suatu tim penasihat. Keempat, saya tulis catatan kalau saya dapat depresi," jelas mantan Presiden RI itu.

bj-habibie-2.jpg

Habibie akhirnya memilih opsi keempat, yakni menulis pengalaman depresinya. Ia lalu menumpahkan segala kesedihannya ditinggal Ainun untuk selamanya. Tak disangka, setelah 2,5 bulan menulis, Habibie dinyatakan sembuh.

"Saya ambil option ke-4, saya tulis. Dia (dokter) bilang harus selesai tidak boleh lebih dari 3 bulan. Kalau tiga bulan bisa jadi sakit keras. Saya selesaikan 2,5 bulan, tiba-tiba saya normal," pungkas Habibie. O gun/fie