Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Kucumbu Tubuh Indahku Masuk Oscar, Garin Nugroho: Film Saya Nggak Cocok

CUMI MOVIES & TV
Kucumbu Tubuh Indahku Masuk Oscar, Garin Nugroho: Film Saya Nggak Cocok

Bukannya bangga film Kucumbu Tubuh Indahku masuk ajang Academy Awards atau Oscar 2020, Garin Nugroho sebagai sutradara malah memberikan komentar sebaliknya. Kata Garin, film garapannya tak cocok masuk ajang bergengsi di dunia itu. Kenapa?

garin-nugroho3.jpg

“Sebetulnya saya orang, dulu pernah waktu Pak Ram milih dua film saya lupa filmnya apa, pokoknya saya bilang jangan film saya, nggak cocok untuk film Oscar. Karena setiap film itu punya karakter sendiri. Film saya sebenarnya tidak terlalu cocok untuk Oscar, menurut saya pribadi,” kata Garin saat berbincang di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

BACA JUGA, Main di Film Garin Nugroho, Morgan Oey Naik Kelas

“Ya kan kalau festival itu kompetitif profesional, jadi kita diukur profesionalismenya kapasitas kita sebagai seniman. Jadi kalau film saya pernah ke Cannes, Berlin, Venice, Busan saja hampir 11 kali, Tokyo Film Festival 12 kali, Cannes 2 kali, Berlin 6 kali. Karena di ajang Oscar, termasuk dikali, itu terjadi ukuran profesionalisme pencapaian. Nah, untuk seorang pencipta film masuk festival itu adalah diuji profesionalnya,” lanjutnya Garin.

garin-nugroho1.jpg

Kucumbu Tubuh Indahku bersaing dengan film dari 93 negara. Kucumbu Tubuh Indahku masuk dalam seleksi Oscar untuk kategori Best International Feature Film. Meski karyanya diapresiasi, namun Garin tak mau berharap lebih.

“Ya sebenarnya bukan tujuan saya. Orang harus tahu tempatnya lah, kalau anda jadi tanaman tempatnya di Savana, tiba-tiba harus ke pegunungan kan beda,” tandasnya. O gun/vin