Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Muncul Sinetron Diduga Jiplak Drama Korea 'Squid Game', Netizen Geram

CUMI CELEBS
Muncul Sinetron Diduga Jiplak Drama Korea 'Squid Game', Netizen Geram

Sebuah sinetron dari Indonesia belum lama ini menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, sonteron yang tayang di sebuah stasiun tv swasta itu diduga menjiplak drama Korea populer ‘Squid Game’.

Setelah satu bulan lebih tayang di layanan streaming Netflix, ‘Squid Game’ memang masih menjadi bahan pembicaraan. Nampaknya pengaruh drama ini a tak hanya menyentuh para penonton awam, tetapi juga penulis naskah dan produser sinetron Indonesia hingga mengadaptasinya menjadi elemen cerita.

sinetron-sctv-mirip-squid-game.jpg

Hal ini bermula ketika akun Twitter bernama MovieMenfess mengunggah foto-foto kiriman pengguna anonim yang menampilkan salah satu episode dari sinetron berjudul Dari Jendela SMP yang tampak sangat mirip dengan serial Squid Game. Tak hanya menampilkan para tokohnya dengan balutan jaket seragam dan bermain permainan anak, tapi episode ini juga tampak mengambil elemen visual Squid Game langsung dari serial aslinya.

“Squid Game (2021) dengan kearifan lokal mvs,” tulis caption.

Sayangnya, netizen justru dibuat geram dengan hal ini. Tak sedikit yang merasa lebih mengkhawatirkan tuntutan hak cipta yang bisa melayang kepada stasiun televisi ini. Pasalnya industri hiburan Korea Selatan dikenal sangat keras dan militan dalam menjaga properti mereka.

-squid-game.jpg

“Serius nanya emang mereka sudah izin ya? Copyright-nya itu hmm,” tanya seorang netizen.

“Ini kalo knetz tau, kita kita bakal gimana ya,” tulis netizen lain.

“Potret sinetron Indonesia, plot ngawur karena malem bikin script, pagi shooting sore tayang, makin jauh episode makin ngawur plotnya karena script-nya aja kaya tahu bulat alias bisa-bisanya ini tiba-tiba ada beginian hey wkwkwkwkw,” kritik akun lain. (ND)