Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Bukan Efek Vaksin, Dokter Jelaskan Soal Pemicu Pendarahan Otak Tukul Arwana

CUMI CELEBS
Bukan Efek Vaksin, Dokter Jelaskan Soal Pemicu Pendarahan Otak Tukul Arwana

Usai menjalani operasi pendarahan otak, Tukul Arwana saat ini diketahui tengah dalam masa penyembuhan. Presenter dan komedian kondang ini diketahui saat ini sedang dirawat Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Jakarta Timur.

Di tengah masa penyembuhan Tukul, belakangan beredar kabar jika penyebab pendarahan otak yang dialaminya adalah efek vaksin Covid 19. Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama RS PON Dokter Mursyid Bustami langsung memberikan penjelasan. Ia menyebut vaksin COVID-19 sama sekali tidak berkaitan atau memiliki efek hingga membuat pasiennya mengidap pendarahan otak.

tukul-arwana-foto-screen-shot-youtube-trans7-official-ojdq.jpg

"Tidak ada hubungan pendarahan dengan vaksin COVID-19 apapun merek vaksinnya. Tidak ada hubungan stroke pendarahan dengan vaksin COVID-19. Efek vaksin seperti pusing akan hilang satu atau dua hari," kata Dokter Mursyid.

Selain itu Dokter Mursyid juga mengungkapkan pemicu terjadinya pendarahan otak. Ada faktor yang bisa dikendalikan seperti usia dan tidak bisa dikendalikan seperti hipertensi hingga diabetes. Dokter Mursyid pun mengimbau masyarakat untuk melakukan cek rutin ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

penjelasan tukul arwana alami pendarahan otak.jpg

"Stroke tidak datang tiba-tiba tanpa ada hal yang didasari, misalnya usia kemungkinan terjadinya stroke bisa bertambah. Lalu diabetes, kemudian ada gangguan pada pembekuan darah, merokok, pola hidup tidak sehat banyak faktor yang lain," ungkapnya.

"Jadi kendalikan faktor risiko itu harus berobat dengan teratur. Ada check up untuk mencari faktor risiko bisa kita kendalikan," lanjutnya.