Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Heboh Kelompok Lawak Warkopi Tiru Warkop DKI, Indro Singgung Masalah HAKI

CUMI CELEBS
Heboh Kelompok Lawak Warkopi Tiru Warkop DKI, Indro Singgung Masalah HAKI

Baru-baru ini kemunculan 3 sosok pemuda yang disinyalir mirip grup lawak kondang Warkop DKI sempat menghebohkan dunia maya.

Bahkan 3 orang pemuda itu pun memberi nama diri mereka Warkopi. Nama yang sangat mirip dengan trio Dono, Kasino, Indro.

Kendati demikian, kemunculan Warkopi pun mendapat tanggapan tegas dari Indro Warkop DKI yang merupakan satu-satunya personel yang masih hidup.

Tidak tanpa alasan, Indro mengaku bahwa alangkah baiknya jika kelompok lawak Warkopi menemui dan meminta izinnya terlebih dahulu untuk mengkomersilkan grup lawak yang terinspirasi dari Warkop DKI itu.

Menurut Indro, hal tersebut dapat dianggap melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dimiliki Warkop DKI selama ini.

"Kalau mereka (Warkopi) disebut melestarikan, mohon maaf nggak. Mereka nggak ngerti cara melestarikan nama Warkop bahkan mereka juga nggak ngerti tata krama, nggak menghubungi kita," ungkap Indro saat konferensi pers yang digelar Lembaga Warkop DKI, Senin (20/9).

"Saya ingin melestarikan bukan menggantikan, makanya saya nggak perlu bikin grup baru karena memang tidak bisa digantikan," lanjutnya.

HAKI adalah hak yang didapatkan dari hasil olah pikir manusia untuk mendapatkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat.

Indro pun berharap dengan masalah ini masyarakat bisa lebih peka soal HAKI dan batasan-batasannya terkhusus bagi pelaku seni.

"Hikmahnya kita jadi paham, jadi tahu. Saya nggak mempersoalkan miripnya, saya mempersoalkan mereka pakai Warkopnya, karena itu dilindungi hukum. Dengan adanya seperti ini ya syukur-syukur bisa teredukasi," tutup Indro Warkop. (WS)