Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Viral! Permainan Ikoy-Ikoyan Ala Arief Muhammad Tuai Kritik dari Selebritas Tanah Air

CUMI CELEBS
Viral! Permainan Ikoy-Ikoyan Ala Arief Muhammad Tuai Kritik dari Selebritas Tanah Air

Baru-baru ini influencer Arief Muhammad menghebohkan jagad maya dengan membuat sebuah permainan yang dijuluki ‘Ikoy-Ikoyan’.

Permainan tersebut adalah salah satu cara Arief Muhammad untuk berbagi pada followernya.

Peraturan dalam permainan tersebut pun tak rumit. Follower Arief diminta untuk menyebutkan kebutuhan mereka baik berupa uang ataupun barang di kotak pesan media sosialnya.

Selanjutnya, Arief akan membaca pesan-pesan tersebut dan memilih beberapa di antaranya untuk dikabulkan.

Untuk follower Arief yang beruntung tersebut akan ditransfer sejumlah uang oleh asisten pribadi Arief yang bernama Ikoy. Maka dari itu, nama permainannya adalah Ikoy-Ikoyan.

ikoy-ikoyan-arief-muhammad.jpg

Diketahui Arief Muhammad pun menghabiskan dana yang tergolong fantastis untuk permainan tersebut.

Dalam sehari permainan Ikoy-Ikoyan, Arief telah menghabiskan lebih dari seratus juta rupiah.

Namun demikian, permainan Ikoy-Ikoyan ternyata mendapat kritik tajam dari beberapa selebritas tanah air.

Salah satu selebriti yang mengritik permainan yang sedang trend tersebut adalah Awkarin.

Dalam unggahan di akun sosial media pribadinya Awkarin menulis bahwa ia khawatir jika permainan Ikoy-Ikoyan akan membentuk mental follower menjadi mental mengemis.

“Semoga permainan berbagi ini enggak disalahartikan sama kalian sebagai pelestarian budaya 'ngemis' ya hihihi. Bahaya loh soalnya #JustAfriendlyreminder,” tulis Awkarin, Senin, 2 Agustus 2021.

Tak hanya Awkarin, kritik terkait permainan Ikoy-Ikoyan ini pun dilontarkan oleh pesinetron cantik Nana Mirdad.

Dalam unggahan di akun media sosial pribadinya,Nana mengaku tidak mau ikut melakukan permainan Ikoy-Ikoyan karena merasa masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk berbagi pada sesama.

Nana juga khawatir jika permainan Ikoy-Ikoyan ini nantinya dapat membentuk mental masyarakat menjadi mental peminta-minta.

“Mungkin menyenangkan  bagi banyak orang tapi menurutku ini bisa memperburuk mental bangsa kita ke depannya,” tulis istri dari Andrew White itu.

“Tapi aku percaya memberi yang pada tempatnya, yang enggak malah membuat orang jadi malas dan gampang meminta,”imbuh pesinetron cantik itu.

Senada dengan Awkarin dan Nana Mirdad, Chelsea Olivia pun melontarkan kritik pada permainan Ikoy-Ikoyan.

Dalam unggahan di sosial pribadinya, istri Glen Alinskie itu pun menuliskan kritik yang cukup tajam pada permainan yang sedang populer di kalangan influencer itu.

"Saya tidak mau mengajarkan followers saya menjadi orang minta-minta yahh... Yuklah Indonesia bikin tren yang baik, jangan malah hal memalukan dibikin viral," tulisnya.(WS)