Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Polisi Membenarkan Laporan Dugaan Pencemaran Nama Baik, Rina Nose Minta Maaf

CUMI CELEBS

Polisi membenarkan adanya laporan yang ditunjukkan kepada Andre Taulany dan Rina Nose atas dugaan pencemaran nama baik. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan pihak kepolisian telah menerima laporan tersebut pada Senin (18/5).

"Kemarin tanggal 18 sekitar pukul 16.00 WIB ada sorang berinsial RL melaporkan ke Polda Meto Jaya menyangkut masalah dengan pencemaran nama baik di media elektronik. Terlapornya adalah inisialnya AT laki-laki dan perempuan RN, ada 2 orang yang terlapor," ujar Yusri Yunus saat ditemui di Polda Metro Jaya pada Selasa (19/5).

3.jpg

Yusri menerangkan jika isi laporan tersebut berkaitan dengan candaan kedua terlapor dalam sebuah acara stasiun televisi. Dalam acara salah satu stasiun televisi, Andre Taulany dan Rina Nose memplesetkan marga Latuconsina. Candaan tersebut rupanya membuat keluarga Latuconsina marah dan melaporkannya ke Polda Metro Jaya.

"Jadi pelapor itu melaporkan bersama keluarga besarnya bahwa kedua terlapor tersebut pernah dalam salah satu acara Ramadan sempat menyinggung nama belakang keluarga besar dengan diplesetin. Itu yang membuat keluarga besar RL ini tidak terima dengan adanya perbuatan yang dilakukan kedua orang terlapor tersebut," ujarnya.

97588246_142092554053918_6844091095442644995_n.jpg

Berdasarkan keterangan polisi, Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan atas pasal UU ITE, di mana ancaman hukumannya bisa 6 tahun. Namun, hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan untuk laporan tersebut.

Polisi berencana akan memanggil terlapor serta bukti yang dimiliki untuk pemeriksaan. Setelah itu, pihak terlapor akan dipanggil untuk memberikan klarifikasi.

BACA JUGA, Diduga Melecehkan Marga Latuconsina, Andre Taulany dan Rina Nose Dilaporkan ke Polisi

"Pertama yang kita indikasi adalah pelapor dulu dan saksi-saksi yang dia hadirkan juga bukti-bukti yang dia bawa. Contoh seperti kasus ini adalah bukti rekaman di stasiun televisinya ya tentang apa yang disampaikan oleh terlapor pada saat itu," ucapnya.

"Nanti kita panggil keterangan saksi-saksi yang lain. Kalau udah lengkap semuanya baru kita gelar perkara untuk bisa menentukan apakah ini emang memenuhi unsur-unsur yang disangkakan dalam hal ini pasal pencemaran nama baik, pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 UU ITE. Ancamannya kalau di UU ITE bisa 6 tahun tapi ini kan belum, masih penyelidikan," lanjutnya.

Pihak Rina Nose sendiri juga telah melakukan permintaan maaf kepada keluarga Prilly Latuconsina sebagai salah satu penyandang marga Latuconsina tersebut. Rina Nose mengungkakan jika dirinya dan Andre Taulany mengaku tak mengetahui jika nama Latuconsina merupakan marga keluarga, ia juga menyebutkan jika dirinya dan Andre tak berniat untuk melecehkan nama Latuconsina.

92550978_223473418758485_8165910093050411082_n.jpg

"Saya secara pribadi pun sudah minta maaf langsung sama Prilly dan keluarganya. Responnya luar biasa bijaksana, mereka sangat paham dengan ini. Saya berterima kasih dan sangat menghargainya. Bahkan permintaan maaf saya juga sudah diteruskan oleh keluarga Prilly ke pihak-pihak yang merasa tersinggung. Untuk itu saya ucapkan terimakasih banyak kepada Prilly dan keluarga," ujar Rina Nose saat dihubungi pada Selasa (18/5).

Rina Nose bahkan siap menyatakan permintaan maafnya kepada keluarga besar Latuconsina melalui video.

"Saat ini saya juga sedang menyusun narasi untuk membuat video permintaan maaf secara langsung," jelas Rina Nose.

"Kepada seluruh masyarakat yang bersangkutan, khususnya masyarakat Ambon atau Maluku, pemilik nama marga tersebut, saya, kami sangat menyesal dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Saya sangat mengerti dan memahami kekecewaan itu. Saya pun pasti akan merasakan hal yang sama jika ada di posisi seperti kalian semua. Ini keteledoran kami dengan segala keterbatasan pengetahuan," jelasnya.

Rina Nose pun mengaku siap memenuhi panggilan polisi jika diperlukan. Dirinya siap mengikuti proses hukum yang berlaku.