Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Positif Konsumsi Sabu dan Ganja, Tio Pakusadewo Terancam Hukuman Maksimal 20 Tahun Penjara

CUMI CELEBS
Positif Konsumsi Sabu dan Ganja, Tio Pakusadewo Terancam Hukuman Maksimal 20 Tahun Penjara

Aktor senior Tio Pakusadewo kembali berurusan dengan polisi. Aktor berusia 56 tahun tersebut ditangkap terkait dengan kasus narkoba. Polisi melakukan penggeledahan di kediamannya, di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa (14/4) dini hari.

Menurut penjelasan polisi, barang bukti yang disita berupa ganja seberat 18 gram, alat hisap bong, dan juga ponsel.

1.jpg

" Pada tanggal 13 April jam 12.00 WIB, tim subdit 1 mendapat informasi di TKP di Terogong, Jakarta Selatan ada seseorang sering menyalahgunakan barang haram narkotika dan membuat resah. Kemudian tim melakukan penyelidikan, sore hari mulai mengintai TKP karena ada keluar masuk orang. Jam 01.00 WIB ada penggerebekan di sana, polisi menemukan inisial IS alias TP. Barang bukti ada ganja 18 gram, bong, handphone," ungkap Kombes Pol. Yusri Yunus selaku Humas Polda Metro Jaya (14/4).

Bukan sekali saja Tio Pakusadewo berhubungan dengan barang haram tersebut. Pasalnya, Tio pernah ditangkap pada akhir tahun 2017 di kediamannya dengan kasus yang sama. Aktor kawakan tersebut menjalani masa rehabilitasi hingga akhirnya dibebaskan pada tahun 2018.

Menurut hasil pendalaman polisi, Tio Pakusadewo masih menggunakan barang haram narkoba sejak tahun 2018 dan rutin membeli sabu.

BACA JUGA, [Lagi, Aktor Senior Tio Pakusadewo Diamankan Polisi Terkait Kasus Narkoba]( https://www.cumicumi.com/news/cumi-celebs/175622/lagi-aktor-senior-tio-pakusadewo-diamankan-polisi-terkait-narkoba)

"Yang bersangkutan mengaku memakai sejak 2018 sampai saat ini. Dia membeli sebanyak dua kali, yang sekali beli setengah gram. Sebulan beli dua kali sabu. Terus dia memang mengonsumsi ganja dan sabu. Sabu bisa pakai seminggu sekali. Setelah dilakukan pendalaman, keluar nama seseorang DPO namanya R pemasok sabu dan ekstasi." jelas Kombes Pol Yusri Yunus.

Photo News Slide - New2.jpg

Setelah menjalani tes urine, Tio Pakusadewo positif mengandung amfetamin dan metafetamin. Hingga saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhadap pemasok barang haram tersebut. Tio Pakusadewo diancam hukuman paling rendah 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.

"Pasal 114 ayat 1 subsider pasal 111 juncto pasal 127 ancaman hukuman 5 tahun paling rendah dan maksimal 20 tahun penjara," ungkap Kombes Pol Yusri Yunus.

Tak hanya tes urine, Tio Pakusadewo harus menjalani rapid test dan hasilnya pun negatif. Hal ini dilakukan mengingat tengah mewabahnya pandemi virus corona. Polisi pun mengungkapkan alasan mengapa anggotanya menggunakan perlengkapan alat perlindungan diri (APD) saat melakukan penggeledahan di kediaman aktor berusia 56 tahun tersebut.

Photo News Slide - New.jpg

"Kami sudah melakukan uji rapid test ke yang bersangkutan dan hasilnya negatif. Kami sudah mengecek dalam situasi covid-19 ini. Ada beberapa yang beredar saat melakukan penangkapan dan penggeledahan. Kenapa anggota menggunakan APD, ini adalah inovasi karena kami tidak tahu virus itu berada," pungkas Kombes Pol. Yusri Yunus.

Hingga saat ini polisi masih melakukan pendalaman kepada Tio Pakusadewo mengenai alasannya kembali menggunakan barang haram narkoba tersebut. Menurut polisi, Tio juga sempat mengaku jika dirinya tengah mengalami sakit stroke ringan.

"Masih kami dalami. TP baru kita tangkap subuh tadi. Kita masih dalami pelan-pelan dan kami sampaikan alasan pakai lagi. Pengakuan TP stroke ringan hingga saat ini kami masih dalami," tutup Kombes Pol. Yusri Yunus.