Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Beredar Video Ikut Kebaktian di Gereja, Salmafina Sunan Masih Salat?

CUMI CELEBS
Beredar Video Ikut Kebaktian di Gereja, Salmafina Sunan Masih Salat?

Sudah beberapa kali terlihat ikut kebaktian, namun sepertinya Salmafina Sunan belum benar-benar berpindah agama. Pasalnya, selain belum mengakui secara langsung di hadapan orang tuanya, Salmafina juga masih lakukan salat, yang merupakan ibadah wajib umat muslim.

"Orang tuanya saja sampai saat ini Salma sendiri belum komunikasi langsung bahwa dia ada pindah agama atau memeluk agama yang lain. Orang tuanya sendiri sampai saat ini menganggap bahwa Salma itu masih muslim karena memang selama ini masih salat bersama, (lakukan) kegiatan-kegiatan agama yang bersama," ungkap kuasa hukum Sunan Kalijaga, Agustinus Nahak, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (25/7).

sunan-kalijaga-3.jpg

Menurut Agustinus, orang yang ikut kebaktian belum tentu sudah memeluk agama Kristen. Sebelum dikristenkan, seseorang belum sah menjadi beragama Kristen.

BACA JUGA, Masalah dengan Salmafina, Sunan Kalijaga Tegaskan Bukan Soal Agama

"Orang kalau datang ke gereja bukan berarti sudah dikristenkan. Orang datang ke masjid bukan berarti sudah dimuslimkan. Tidak segampang itu orang masuk Kristen, ada tahapan, ada prosesnya yang luar biasa. Kebaktian itu bukan berarti sudah Kristen. Orang boleh kok ke gereja untuk berdoa, mungkin diajak teman-temannya," ujar sang pengacara.

salmafina-sunan.jpg

Ditambahkan oleh Pendeta Jonathan, untuk melalui tahapan dikristenkan, harus ada izin dan persetujuan orang tua. Artinya, jika Salmafina ingin pindah agama, maka ia harus sepengetahuan kedua orang tuanya.

"(Tahap dikristenkan) yang jelas, pertama, hubungan pribadi. Kemudian ada proses, ada tahap-tahap, sehingga betul-betul bahwa dia pribadi mengakui. Selama dia belum mengakui, kita tidak bisa bilang (dia Kristen). Tahap demi tahap itu ada prosesnya, ada yang namanya katastasi, ada sakramen baptisan, enggak gampang. Dan, itu harus izin orang tua juga, apalagi Salma ini masih dalam pengawasan orang tua," tandas Pendeta Jonathan. O gun/fie