Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Jika Terbukti Palsukan Ijazah, Kumalasari Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

CUMI CELEBS
Jika Terbukti Palsukan Ijazah, Kumalasari Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Mengaku sebagai advokat namun ijazahnya tak terdaftar di Forlap Dikti, Kumalasari dilaporkan kelompok emak-emak ke Polda Metro Jaya atas dugaan pemalsuan. Jika terbukti istri siri Galih Ginanjar itu memalsukan ijazahnya, maka ancaman hukuman penjara selama 10 tahun menantinya.

"Ini pasal berlapis, jadinya itu (hukuman) sudah melebihi 10 tahun karena pasalnya banyak," ujar kuasa hukum kelompok emak-emak yang laporkan Kumalasari, Pitra Romadoni, Jumat (12/7).

kumalasari-3.jpg

"Kalau pemalsuan itu kan jelas diatur pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, ini kalau memang terbukti dugaan ijazah palsu, ada ancaman pidananya. Yang pertama, dalam pasal 317 KUHP. Ada juga diatur dalam pasal 27 ayat 3 UU ITE, pasal 28 ayat 2 UU ITE, pasal 14 dan 15 UU No. 1 tahun 1946," sambungnya.

BACA JUGA, Pengacara Galih Mengundurkan Diri, Kumalasari: Jangan Jadikan Ajang Pansos!

Pitra menjelaskan, syarat formal menjadi seorang advokat adalah lulus dan bergelar Sarjana Hukum. Jika Kumalasari tak bisa buktikan keaslian ijazahnya, maka statusnya sebagai advokat akan dicabut.

pitra-romadoni-1.jpg

"Ini nanti akan merembet kepada status beliau sebagai advokat, makanya ini sangat disayangkan. Menjadi advokat itu harus memenuhi syarat formal, yaitu lulus sarjana hukum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," jelas sang pengacara.

"Apabila nanti status kemahasiswaan ini terdapat kekeliruan ataupun ketidakbenaran, sehingga dengan sendirinya status advokat beliau itu gugur secara hukum atau batal demi hukum karena syarat formalnya tidak terpenuhi," tutup Pitra. O did/fie