Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Sempat Dilarang Beredar, Hanung Bramantyo Sembunyi-Sembunyi Baca Buku Bumi Manusia

CUMI CELEBS
Sempat Dilarang Beredar, Hanung Bramantyo Sembunyi-Sembunyi Baca Buku Bumi Manusia

Hanung Bramantyo membaca buku Bumi Manusia pertama kali saat masih remaja. Saat ini, banyak karya Pramoedya Ananta Toer yang dilarang beredar lantaran dianggap melawan rezim Orde Baru. Tak pelak, Hanung pun membacanya sembunyi-sembunyi agar tak ditangkap.

"Di umur 17 tahun saya membaca Bumi Manusia karya mendiang Pram ini sambil sembunyi-sembunyi. Teman-teman harus tahu, di usia kalian, saya membaca Bumi Manusia sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap sama polisi," ujar Hanung di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

bumi-manusia.jpg

Berhasil membacanya tanpa diciduk, Hanung pun merasa bangga bisa menikmati karya sastra yang dilarang pemerintah itu.

BACA JUGA, Iqbaal Ramadhan Banyak Fans, Hanung Bramantyo: Baru Latihan Sudah Belagu

"Baca buku Pram pada saat itu dianggap melawan pemerintah, tapi itu dianggap keren. Jadi pada saat kita bergaul sama seumuran kita, 'Lu sudah baca Bumi Manusia belum?' 'Sudah, dong!' Nah, itu menjadi suatu kebanggaan pada saat itu," tutur suami Zaskia Adya Mecca itu.

hanung-bramantyo-1.jpg

Kini, Hanung lebih bangga lagi lantaran berhasil mengangkat cerita dalam bukunya ke layar lebar. Menurutnya, mendiang Pramoedya pun akan menangis terharu jika ia masih hidup.

"Saya membayangkan kalau Pak Pram duduk di sini, dia akan bangga. Akan nangis kali, karena zaman dulu Bumi Manusia, dia harus meneteskan air mata, keringat, karena enggak ada laptop saat itu, dan Pak Pram berada di dalam penjara," tutup Hanung. O gun/fie