Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Derita Glukoma, Begini Cara Aminah Cendrakasih Hafalkan Dialog Mak Nyak

CUMI CELEBS
Derita Glukoma, Begini Cara Aminah Cendrakasih Hafalkan Dialog Mak Nyak

Sudah lama Aminah Cendrakasih menderita glukoma, yang menyebabkan matanya tak bisa melihat. Namun menariknya, Aminah bisa tetap syuting film seri Si Doel The Movie dan mengucapkan dialog Mak Nyak dengan lancar. Lantas, bagaimana cara Aminah menghafalnya?

"Itu luar biasa. Saya sudah bilang sama asisten saya, jangan paksa Mak untuk hafal, tapi yang penting intonasinya. Artinya, tiap malam cucunya bacakan skenario. Itu yang membuat dia hafal," ujar Rano Karno di Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5).

si-doel-4.jpg

Ketimbang dialog, justru ekspresi Mak Nyak yang sedikit jadi kendala selama syuting. Glukoma membuat mata Aminah tak fokus dan tak bisa mengeluarkan air mata.

BACA JUGA, Keluarga Si Doel Gelar Buka Puasa Bareng, Mak Nyak Bakal Hadir?

"Maaf ya, Mak Nyak kan butanya bukan buta merem, tapi matanya ke mana-mana. Itu kan juga susah untuk pengambilan gambarnya. Mak Nyak juga sudah enggak punya air mata, sudah kering karena glukoma," jelas sutradara Si Doel The Movie itu.

si-doel.jpg

Menurut Rano, satu-satunya cara adalah menangkap isi hati Mak Nyak lewat kamera. Meski diakuinya, hal tersebut juga tak mudah.

"Ya itu kan kita ngomong begini, Nyak itu main dari inner-nya. Itu kan sangat sulit, itu secara psikologis," tandas Rano. O gun/fie