Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Armand Maulana Kaget, GIGI Kena Hak Cipta untuk Karya Milik Sendiri

CUMI CELEBS
Armand Maulana Kaget, GIGI Kena Hak Cipta untuk Karya Milik Sendiri

Armand Maulana dan teman-temannya di grup band GIGI sedang memperjuangkan hak cipta dari lagu-lagu yang mereka ciptakan. Hal tersebut dilakukan agar par personil GIGI beserta sanak familinya tidak diblokir karena karya sendiri.

gigi.jpg

Salah satu contohnya sebagaimana diceritakan Armand adalah ketika Bounty Ramdhan, putra pemain bas, Thomas Ramdhan yang diblokir YouTube lantaran mengcover lagu milik sang ayah berjudul Jomblo.

BACA JUGA, Ridho Rhoma Siap Masuk Penjara Lagi

"Tiba-tiba diblokir, enggak boleh karena dia harus bla-bla-bla. Tanyalah (Bounty) ke Thomas, 'Pak, ini kok diblokir? Ini kan ciptaan bapak. Tahu enggak?' 'Ha? Gue enggak tahu apa-apa.' Nah, kayak begitu kan bahaya. Anaknya sendiri (enggak boleh), apalagi kalian," ujar Armand di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/3).

gigi2.jpg

Gigi dan pihak manajemen telah berjuang sejak empat tahun terakhir untuk mendapatkan hak-hak tersebut, terutama untuk karya lama. Mereka juga berencana membuat yayasan yang secara khusus akan mengelola aset karya Gigi sejak 1994. Ini juga termasuk upaya melengkapi metadata dan merapikan arsip.

"Kalau tidak beres, kasihan juga anak cucu kami. Yang paling parah adalah pada saat anaknya Thomas atau Rendy misalnya, mau menyanyikan lagu Janji atau 11 Januari, ternyata tidak boleh dan kami sendiri tidak tahu. Ini sering terjadi dan mungkin akan terus menerus. Itu yang enggak kami mau," tutup Armand. O ian/edi