Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Lindungi Ginjal Pasca Transplantasi, Ini Makanan Pantangan Buat Abdee Slank

CUMI CELEBS
Lindungi Ginjal Pasca Transplantasi, Ini Makanan Pantangan Buat Abdee Slank

Pasca jalani operasi transplantasi pada November 2016 lalu, Abdee Negara harus melindungi ginjal barunya agar tak ditolak tubuhnya, dengan cara menjaga makannya. Banyak makanan pantangan yang harus dihindari oleh gitaris band Slank itu.

"Kalau untuk pasien transplant, transplant apa saja kayak ginjal, jantung, kan antibodinya harus diturunkan agar ginjal barunya tidak di-reject sama tubuh. Itu diturunkannya pakai obat dan itu seumur hidup," jelas Abdee di Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (2/3).

abdee-alank2.jpg

"Karena antibodi turun, harus hati-hati, jangan sampai kena virus dan bakteri. Makan juga harus dijaga, jangan sampai sakit," sambungnya.

BACA JUGA, Berdiri Lebih dari 20 Menit, Abdee Slank Langsung Ambruk

Abdee kini tak bisa lagi mengonsumsi makanan mentah, termasuk sayur-sayuran. Semua yang akan dimakannya harus dimasak terlebih dahulu, dan dalam keadaan steril.

"Semua keluarga tahu, jadi kalau saya mau makan mereka sudah tahu makanan apa yang cocok buat saya. Misalnya, saya enggak boleh makan yang mentah kayak sashimi, sama sayuran mentah. Semuanya harus steril, harus dimasak," terang personel Slank itu.

abdee-slank-2.jpg

Sementara untuk buah-buahan, Abdee tak perlu memasaknya dulu. Hanya saja, buah-buahan seperti apel dan pir yang lazim dimakan bersama kulitnya harus dikupas terlebih dahulu.

"Buah juga ya harus yang bersih. Paling bagus buah yang dikupas," tutup Abdee. O ian/fie