Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Setelah Tolak dan Revisi, Kini Viral Hashtag Batalkan RUU Permusikan

CUMI CELEBS
Setelah Tolak dan Revisi, Kini Viral Hashtag Batalkan RUU Permusikan

Setelah sebelumnya terbentuk dua kubu terkait RUU Permusikan, yakni kubu tolak RUUP dan revisi RUUP, kini muncul kelompok baru yakni batalkan RUUP. Berdasarkan postingan di Instagram Soleh Solihun, kelompok ketiga ini sepertinya akan menyatukan kubu tolak RUUP dan kubu revisi RUUP.

soleh1.jpg

”Oh, apa ini? Kok sekarang #batalkanruupermusikan ? Kemaren katanya tolak. Oke, saya jelasin ya. Setelah Konferensi Meja Potlot beberapa hari lalu (bisa dilihat di postingan saya sebelumnya), ada narasi baru: membatalkan RUUP. Kemarin, ada dua kubu: tolak dan revisi. Yang menolak bersikeras tak mau menerima RUUP. Yang ingin merevisi, beranggapan RUUP masih ada sisi baiknya,” tulis Soleh Solihun di media sosialnya.

Lebih lanjut, menurut Soleh Solihun, pembatalan RUUP akan menjadi jalan tengah terhadap kontroversi RUU Permusikan yang belakangan hangat dibicarakan di antara para musisi Tanah Air.

BACA JUGA, Jerinx Menyerang, Anang Hanya Ingin Perbaiki Hidup Musisi Indonesia

”Ini jalan tengahnya. Kita batalkan dulu draft RUUP (beserta naskah akademiknya) yang bermasalah ini. Nanti pada November 2019 akan digelar Musyawarah Musik Nasional, yang akan mengundang perwakilan musisi dari seluruh Indonesia, buat memikirkan sama-sama: apa sebenarnya yang dibutuhkan ekosistem musik kita? Jadi, ini jalan tengah. Tak hanya menolak, tapi ada langkah berikutnya. Kalau memang di Musyawarah Musik Nasional nanti ternyata hasilnya musisi sepakat membutuhkan aturan, ya barulah nanti disusun lagi rekomendasi buat DPR supaya draft aturannya bisa berpihak pada praktisi musik Indonesia,” tulis Soleh.

soleh.jpg

”Jadi, yang ingin merevisi masih bisa terfasilitasi, dan niat baik anggota dewan untuk mensejahterakan musisi masih bisa terwujud. Tapi, kalau hasil musyawarahnya ternyata sepakat belum butuh aturan baru, ya artinya tak perlu lah dibuat aturan itu. Mudah-mudahan ini jadi jelas. Sekarang saatnya yang menolak dan yang ingin merevisi bersatu demi tujuan yang sama. Begitu juga kalian netizen. Semoga tulisan ini mencerahkan. Dan sekarang, kita tinggal menunggu janji @ananghijau yang mau mempertemukan perwakilan musisi dengan Ketua DPR supaya RUU Permusikan ini bisa dibatalkan,” tutupnya. O edi/berbagai sumber