Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Sebulan Belajar Bahasa Jawa, Michelle Ziudith Akui Masih Banyak Salah

CUMI CELEBS
Sebulan Belajar Bahasa Jawa, Michelle Ziudith Akui Masih Banyak Salah

Berperan sebagai gadis Jawa bernama Ningsih di film Calon Bini, Michelle Ziudith harus mendalami karakternya dengan belajar bahasa Jawa. Sebulan penuh pelajari kata-kata hingga logatnya, namun Michelle merasa tetap saja banyak pengucapan yang salah.

"Sulit ya, karena saat di lokasi bahasa Jawanya beda sama yang sudah dipelajari selama satu bulan. Kata-katanya ternyata harus disesuaikan sama keadaan. Perbedaan itu tipis, tapi mana yang paling nyaman dipakai. Aku sudah pelajari banyak, tapi diubah last minute. Itu susah, sih," ujar Michelle di Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (7/2).

film-calon-bini-1.jpg

Bukan sekadar berdialog dalam bahasa Jawa, Michelle juga harus menggunakan tingkatan kromo inggil, alias bahasa Jawa yang halus dan sopan.

BACA JUGA, Michelle Ziudith Pamer Cincin Tunangan, Benarkah Pemberian Rizky Nazar?

"Lumayan banyak salahnya. Kalau ditonton mungkin cuma kelihatan dialognya bentar, tapi itu berlembar-lembar. Tek-tokan sama yang sudah fasih berbahasa Jawa kadang ada yang bilang ini salah, yang benar ini. Terus dibilang ini sudah benar, cuma kromonya gini, jadi bingung. Makanya beberapa dialog ganti last minute, karena secara penulisan skenario sama pengadeganan berbeda," terang mantan kekasih Marcel Darwin itu.

michelle-ziudith.jpg

Untuk memperlancar dialognya, Michelle kerap mengajak para pemain lain dan kru berbicara dalam bahasa Jawa saat sedang jeda syuting.

"Banyak diskusi sama Om Slamet (Rahardjo), Mas Butet (Kertaradjasa), diajarin. Kalau break kan sering ngumpul, makan bareng, sekalian pegang skenario buat latihan. Enggak cuma saat take, tapi istirahat berbahasa Jawa," pungkas Michelle. O gun/fie