Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Dituding Tak Bayar Honor Artis, Vera Zanobia: Manajemen Mak Panti Sosial

CUMI CELEBS
Dituding Tak Bayar Honor Artis, Vera Zanobia: Manajemen Mak Panti Sosial

Fahmi Aditian menuding Mak Vera Zanobia tak pernah transparan soal honor. Bahkan selama bertahun-tahun bergabung dengan manajemen, Fahmi mengaku tak pernah menerima honor. Dianggap tak pernah bayar honor artinya, Mak Vera lantas samakan manajemennya seperti panti sosial. Apa maksudnya?

mak-vera1.jpg

“Jadi di tempat Mak itu yang datang bukan orang-orang berduit, orang-orang yang punya uang. Jadi Mak memilih orang-orang yang bisa ngebantu untuk menjadi seorang artis gitu. Dengan kata lain, Mak modalin untuk buat lagu, bikinin klip. Kalau memang nggak ada, bisa dicek saja kok, jejak rekamnya ada di YouTube, jadi memang ada. Mak bikinin film, dan film itu harus artis Mak semua, tidak boleh orang lain. Setelah anak Mak dapat peranan, boleh baru orang lain masuk dalam film itu. Jadi kalau orang tua ini selalu kasih sejarah yang baik-baik buat anaknya. Tapi kalau anaknya buat sejarah yang buruk-buruk tentang orang tuanya, anggap saja ini manajernya atau orang tuanya silakan mereka lakukan, kalau memang itu untuk menguntungkan pribadi mereka, itu lebih tepatnya. Jadi manusia seperti Mak tidak berhak menjelekkan siapapun, silakan mereka mau menjelekkan Mak, silahkan nggak apa-apa, yang penting Mak tidak membalas mereka dengan kejahatan,” jelas Mak Vera saat ditemui di Joglo, Jakarta Barat, Jumat (8/2).

Soal honor, Bontot, salah satu artis asuhan Mak Vera mempertegasnya di depan kamera.

BACA JUGA, Selama Gabung di Manajemen Artis Mak Vera, Fahmi Aditian Tak Pernah Terima Honor

“Itulah, mungkin saya berhak menjawab ya. Karena saya langsung ngerasain ya. Mak itu potongan fee 20 persen sampai 30 persen. Fee 20 persen itu untuk untuk artis, dalam artian film, penyanyi bukan, host, sinetron itu 20 persen. Tapi kalau untuk penyanyi itu 30 persen. Karena di situ kan ada biaya produksi, ada pihak lain untuk bikin video klip dan lain lain lah. Produksi album, mixing lah, pokoknya bla bla lah. Kalau artis itu 20 persen. Tapi setelah aku ikut Mak, Mak itu nggak menerima fee 20 persen dari kita. Karena Mak itu harus bayar biaya itu ada namanya nge-entertaint, biaya nge-entertaint klien. Sekarang nge-entertaint mau nggak dipotong dari anak-anaknya, anak-anaknya nggak mungkin mau. Kalau jujur kalau aku ditanyain, 'Bontot, mau nggak dipotong uang kamu buat nge-entertaint klien ini, waduh jangan dong'. Jujur Bontot nggak akan ngomong itu. tapi setelah ikut Mak, 'wah iya kasihan juga Mak ya'. Mak potongan artis itu 20 persen. ya mungkin masih ada beberapa manajemen yang potongannya masih segitu. Tapi kalau dilihat, ya ada juga sih manajer-manajer yang 20 itu nggak full 20 persen. Karena biaya mereka untuk nge-entertaint orang, misalnya Mak harus makan dengan EO ini supaya yang dipakai si A, si B, si C, itu kan Mak harus ngeluarin biaya untuk bayar makannya, transportnya, kalau dihitung-hitung nggak sampai 20 persen. Mungkin 15 persen Mak terima. Karena kan yang diterima Mak kan belum tentu dari Bontot dari ini, dari yang lain-lain gitu. Sebenarnya Mak cuma 20 persen, aku pribadi aku sering pinjam uang sama Mak dan itu sudah berjalan berapa tahun aku baru bisa bayar. Dan itu aku ngebayar sesuai dengan apa yang aku pinjam. Misalnya aku pinjam Rp 100 ribu ya aku harus balikin 100 ribu tanpa bunga. Karena bunga itu riba kata Mak. Bayangin saja ya, minjam setahun, dua tahun balikin dengan jumlah yang sama, ya Alhamdulillah,” jelas Bontot.

mak-vera3.jpg

Bahkan demi anak didik pula, Mak Vera sampai rela jual rumah, mobil, hingga barang-barang branded sebagai modal mengorbitkan para artis asuhannya.

“Film itu karya besar. Seluruh dunia, kalau orang pernah main film itu adalah kebanggan, kebanggan, itu sejarah lho. Anak-anak Mak itu bisa dilihat orang, pasti mantan anak-anak Mak juga akan nulis di biodata mereka bahwa mereka pernah main film ini, mereka pernah punya single ini, mereka punya ini, itu jejak sejarah. Jadi jejak sejarah itu tidak pernah dilepas, dan tidak akan pernah terhapus. Itu buktinya perjuangan seorang manajer dan seorang orang tua untuk anak-anaknya,” tandas Mak Vera. O gun/vin