Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Para Aktris Ramai-Ramai Protes Hanung Bramantyo, Ada Apa?

CUMI CELEBS
Para Aktris Ramai-Ramai Protes Hanung Bramantyo, Ada Apa?

Sejumlah aktris layangkan protes keras pada sutradara ternama Hanung Bramantyo lewat jejaring sosial. Rupanya, mereka tak setuju dengan pernyataan Hanung yang tertulis dalam artikel yang dimuat di sebuah media elektronik nasional.

"Susah menjadi aktor itu. Apalagi aktor pria ya. Kalau perempuan kan ya sudahlah, ibarat kata asal lo cantik aja. Udahlah itu menjadi syarat. Tapi aktor, laki-laki, itu syaratnya banyak banget, enggak cuma sabatas harus ganteng, tapi harus bisa memainkan banyak," bunyi statement Hanung yang tertulis di artikel itu.

hanung-bramantyo-1.jpg

Dianggap berbau seksisme, sejumlah aktor wanita tak terima dengan pernyataan yang tertulis di dalam artikel di media besar nasional itu.

"Seriously? @hanungbramantyo," tulis Tara Basro pada foto yang diunggah ke Instagram Story.

"LAWAN SEXISM," tulis Hannah Al Rashid lewat Instagram Story.

hanung-bramantyo-2.jpg

BACA JUGA, Usai Hanung Minta Maaf, Giliran Dian Sastro Buka Suara

Tak hanya para aktris, rekan sesama sutradara, Dimas Djayadiningrat, juga mengajukan keberatannya.

"TEMEN SIH TEMEN, TAPI SEPERTINYA SAYA TIDAK SETUJU DENGAN STATEMENT BELIAU," tulis Dimas pada Instagram Story.

hanung-bramantyo-3.jpg

Menjawab protes-protes dari para pekerja film, Hanung memberikan karifikasi panjang lewat media sosial. Menurutnya, pernyataannya itu dicomot begitu saja, dan tak sesuai dengan konteks pertanyaannya.

"Klarifikasi atas artikel Kompas.com: 1.Pernyataan yg tertulis diatas konteksnya adalah kenapa sy selalu bekerja dg Reza Rahadian. Tidakkah ada bibit baru? 2. Sy jawab : mudah mencari bibit baru tapi sulit mrenjadikannya populer. Seolah syaratnya banyak. 3. Meski memiliki kemampuan acting yg bagus, aktor pria tidak mudah meraih popularitas dikalangan pecinta film anak-anak muda. 4. Berbeda dg aktris yg hampir tiap 2-3th selalu muncul wajah baru," tulis Hanung lewat Instagram.

hanung-bramantyo-4.jpg

"5. Kalimat saya : ‘asal cantik doang’ jg sy sampaikan tidak dalam konteks yg serius spt yg dikutipkan. 6. Sy sadar bhw s’org aktor harus punya kemampuan menghidupkan jiwa pada tokoh yg diperankan. Tak sekedar menyoal tubuh. 7. Sayangnya wartawan sekedar mengutip begitu sj ucapan sy tanpa menyelipkan penjelasan konteksnya. 8. Barangkali krn keterbatasan ruang yg disediakan untuk memaparkan berita," jelasnya.

"Mohon maaf jika pernyataan sy t’kesan merendahkan profesionalisme aktor perempuan. Sungguh Itu bukan maksud saya. Salam hormat ( diambil dari pernyataan saya di Twiter )," tutup Hanung. O fie/berbagai sumber