Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Aku Kreatif Maka Aku Ada

CUIITAN KANG MAMAN
Aku Kreatif Maka Aku Ada

Filsuf Descartes mendefinisikan, manusia ada dan "dinyatakan hidup" bila ia berpikir. Cogito ergo sum, aku berpikir maka aku ada". Karl Marx menyatakan, manusia ada dan dinyatakan hidup jika ia mampu berusaha untuk mengendalikan alam dalam rangka mempertahankan hidupnya.

Dalam sejumlah keyakinan yang dianut, manusia "ada" jika ia mampu mengisi helaan dan hembusan napasnya dengan karya dan kerja nyata. Jika ia berusaha memaksimalkan potensi diri, bermanfaat tak cuma bagi dirinya sendiri. Tapi, juga bagi keluarga, masyarakat dan bangsanya.

Hidup dalam pandangan agama adalah kebermaknaan. "Sebaik-baiknya manusia di antara kalian adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain," demikian bunyi sebuah Hadits. Karenanya, manusia dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidupnya sehingga eksistensinya bermakna dan bermanfaat. Sebab esensi hidup itu sendiri adalah bergerak, berkehendak untuk mencipta, terus-menerus terdorong untuk memberi yang terbaik, dan tak henti bersemangat untuk menjawab tantangan zaman.

Itu pula harapan kita, para pemirsa terhadap TVRI, RCTI, dan SCTV, yang berulangtahun bersamaan. Pada 24 Agustus 2015 ini, TVRI genap berusia 53 tahun, RCTI 26 tahun dan SCTV 25 tahun. Karena, disadari atau tidak, tak sedikit di antara kita, hidup dari menit ke menit, dari jam ke jam, dari hari ke hari bersama media bernama: (stasiun) televisi, dan tentunya ingin hidup berdampingan dengan sesuatu yang "bergerak", "inovatif", dan "bersemangat" menjawab tantangan kehidupan.

"Ngapain nonton teve kalau nggak ada manfaatnya. Nggak mendidik, nggak memberi pencerahan, bahkan nggak menghibur!" Dan di balik makna: memberi pencerahan dan memberi pemerkayaan itu ada tuntutan agar (stasiun) televisi tidak mandek. Tidak diam di tempat. Tidak itu-itu saja. Tidak "mati"!

Tapi, teve kan tak bisa disamakan dengan manusia, karena ia cuma sebentuk kotak tolol, sebongkah benda mati?

Kata siapa? Di belakang layar kaca di negeri ini ada ribuan orang-orang kreatif yang "menghidupkan" isi layar kaca dan berharap karyanya "menghidupkan" (memperkaya dan mencerahkan) pemirsanya. Dan di era penuh persaingan, siapa yang mengalami kematian kreativitas, siapa yang berhenti berpikir, dia telah mati dalam hidup.

Selamat ulang tahun (orang-orang di balik layar) TVRI, RCTI dan SCTV. Semua pemirsa berharap engkau semua semakin kreatif, semakin bersinar dan mencerahkan...