sex and health : Kebiasaan Sepele Bikin Tubuh Sering Lemas

Health Kamis, 13/6/2013 12:00

Merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari, ternyata dialami hampir semua orang. Sebuah studi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan salah satu sebabnya, yakni durasi tidur kurang tujuh jam semalam.

Dilansir Huffingtonpost, ada sejumlah hal lain yang sepele namun mempengaruhi kadar energi. Itu semua karena kebiasaan yang tanpa disadari, Anda lakukan setiap hari. Berikut ini ulasannya.

1. Sarapan tanpa karbohidrat

Mitos mengatakan, makan karbohidrat di pagi hari, tenaga akan berkurang beberapa jam kemudian. Justru tubuh perlu karbohidrat untuk menghasilkan bahan bakar. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Dietetic Association menyimpulkan, orang dengan pola makan rendah karbohidrat mengalami kelelahan dan malas ketimbang mereka yang mengonsumsi tinggi karbohidrat.

Namun karbohidrat pilih karbohidrat alami dan belum diolah seperti gandum utuh, buah, sayuran. Jika bahan-bahan makanan itu tak terpenuhi, otak akan mencuri energi yang tersimpan dalam otot. Sehingga massa otot hilang dan metabolisme lebih lambat. Anda pun bergerak lebih lambat.

2. Konsumsi obat-obatan

Jika mengonsumsi obat resep dokter lebih dari lima macam, hal ini mempengaruhi kadar energi tubuh Anda. "Pasalnya konsumsi obat-obatan membuat hati stres. Seharusnya, hati membebaskan tubuh dari berbagai racun. Dan jika hati kelelahan, begitu juga tubuh," kata Hammerstein.

3. Tumpukan barang

Melihat tumpukan barang atau kertas-kertas berisi pekerjaan membuat otak Anda kewalahan dan sulit fokus. Akibatnya, Anda merasa kelelahan. Hal ini diungkapkan sebuah studi dari Princeton University Neuroscience Institute.  Solusinya, membersihkan ruangan kerja atau kamar tidur dari tumpukan barang-barang tertentu.

4. Minuman kaya vitamin

Minuman semacam ini marak beredar. Meski mengklaim berefek positif terhadap kesehatan, minuman ini tetap bermasalah. "Minuman bervitamin 'menipu' tubuh, terutama minuman mengandung vitamin B dan taurine atau penambah energi lainnya. Mereka sebenarnya memberikan efek merugikan yang membuat Anda kelelahan," tandas Hammerstein.

Hammerstein menjelaskan kalau minuman energi membuat lemas karena tubuh tidak dapat memetabolisir vitamin B dalam bentuk terpisah dengan mudah. Sebaliknya, minuman itu dapat membuat Anda terlalu bersemangat, gelisah, dan merasa lelah.

5. Penggunaan komputer

Jika Anda duduk di depan komputer berjam-jam, hal ini membuat Anda merasa kelelahan. Menurut American Optometric Association, penggunaan komputer dalam waktu lama menyebabkan Computer Vision Syndrome. Gejalanya kelelahan, pandangan kabur, serta sakit kepala.

Cara mengatasinya, setiap 20 menit penggunaan komputer harus memandang arah lain selama 20 detik dan fokus pada sebuah obyek yang jaraknya 20 kaki dari tempat Anda. Tujuannya mengurangi tekanan pada mata. Pastikan posisi layar komputer berada pada level yang sama dengan mata Anda.

6. Kurang sayur

Vitamin, mineral serta nutrisi yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran diperlukan setiap orang demi kesehatan optimal. Antioksidan dalam sayuran berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas mencegah penuaan, menurunnya tingkat energi, hingga kanker. Jangan pilih-pilih sayuran dan buah-buahan seperti bayam, anggur merah, dan papaya.

7. Olahraga berlebihan

Olahraga membuat Anda segar. Tapi jika berlebihan, justru kelelahan, bahkan hilangnya energi berhari-hari.  Untuk itu, olahraga secukupnya. (cumicumi@Jak)

 

Tags: Kebiasaan, Lemas, Mengantuk, ngantuk, Penyebab, Sebab, sepele, tenaga, Tubuh

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Kamis, 24/4/2014 09:55

Terjadi kericuhan di sidang cerai pasangan Regina dan Ilal Ferhad. Ilal dan Regina saling melontarkan kata-kata usai mediasi. Awalnya, Regina…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com