sex and health : Yoghurt, Si Asam yang Bermanfaat

Health Rabu, 5/6/2013 13:51

Yoghurt. Semua orang pasti tahu minuman yang satu ini. Minuman bertekstur kental dan lembut itu memang dikenal berasa asam namun lezat. Di balik rasa asamnya, yoghurt ternyata memiliki kandungan gizi yang amat baik bagi tubuh.

Berikut ini 10 manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi yoghurt, seperti dilansir Times of India:

1. Menjaga kesehatan tulang

Semangkuk yoghurt mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini sangat penting menjaga kesehatan tulang. Kalsium dalam yoghurt membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang sepanjang hidup. Dengan demikian, konsumsi yoghurt membantu mencegah penyakit tulang keropos atau osteoporosis.

2. Baik untuk pencernaan

Orang yang mengalami intoleransi laktosa (tidak tahan terhadap suatu zat) karena beberapa alergi, bisa dengan aman menikmati dan mendapatkan manfaat dari yoghurt. Sebab, yoghurt lebih mudah dicerna dibanding susu. Kultur aktif yang hidup dalam yoghurt menciptakan laktase yang membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang intoleran.

3. Mengandung bakteri baik

Yoghurt memiliki kultur aktif dan hidup. Ini berarti ia memiliki probiotik, yang jika dikonsumsi bakal hidup di saluran pencernaan Anda. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya penyebab kerusakan usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung banyak kalium. Kandungan kalium dalam yoghurt membantu menurunkan tekanan darah.

5. Baik untuk kulit

Yoghurt membantu kulit Anda bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator yang membantu menyingkirkan sel-sel mati. Selain dikonsumsi, yoghurt juga bisa jadi masker agar kulit wajah lebih sehat.

6. Mengandung banyak vitamin

Seporsi yoghurt mengandung banyak nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium, dan riboflavin. Yoghurt juga kaya vitamin B12 yang diperlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi yoghurt setiap hari membantu membuat tubuh kian kebal penyakit. Pasalnya, yoghurt mengandung probiotik yang membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.

8. Mengurangi risiko infeksi jamur

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi dan kejadian infeksi akibat jamur dalam vagina.

9. Menyehatkan usus

Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.

10. Membantu diet Anda

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity di 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Dengan demikian, hal ini membantu Anda memiliki tubuh yang lebih ramping. (cumicumi@Jak)


Foto: bbc.co.uk

 

Tags: asam, Manfaat, masam, rasa, sehat, Tubuh, Yoghurt

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Kamis, 17/4/2014 12:04

Oki Setiana Dewi mengantar suaminya, Ori Vitrio, berangkat umroh. Perjalanan Ori ke Tanah Suci lewat travel yang merupakan usaha bersama…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com