sex and health : Kuku Jelaskan Kondisi Kesehatan Tubuh

Health Selasa, 4/6/2013 14:45

Kuku adalah informan alias sumber informasi yang menjelaskan kondisi kesehatan tubuh. Biasanya, dengan melihat pertumbuhan dan rupa kuku, itu bisa jadi petunjuk awal untuk masalah kesehatan umum atau penyakit kronis.

Pertumbuhan kuku setiap orang berbeda, dilihat dari faktor kesehatan, usia, dan asupan gizi. Dalam kondisi terbaik, kuku tumbuh sekitar 0,004 inci sehari atau 1/8 inci per bulan.

Sehingga, butuh waktu sekitar enam bulan untuk kuku baru yang tumbuh dari kutikula hingga ujung. Berikut ini kelainan kuku yang bisa jadi cermin kondisi kesehatan dalam tubuh seperti dilansir Care2, Selasa (04/06).

1.     Perubahan warna kuku

Kuku yang warnanya menguning hingga kecokelatan bisa menjadi indikasi seseorang terserang penyakit eksim atau psoriasis, kerontokan rambut, diabetes, atau bisa juga faktor keturunan. Ketika kuku berubah merah, itu tandanya sirkulasi pembuluh darah perifer (tepi) dalam kondisi buruk.

Bila berwarna biru, menunjukan anemia atau kekurangan sel darah merah, darah tidak menerima cukup oksigen karena adanya gangguan pernapasan, masalah kardiovaskular, hingga penyakit lupus. Jika kuku warna ungu atau hitam mungkin tanda kekurangan vitamin B13.

2.     Kuku berbentuk sendok

Kuku yang berbentuk seperti sendok ketika tumbuh diketahui gejala defisiensi zat besi dan penyakit tiroid.

3.     Kuku terlalu lembut

Kuku yang terlalu lembut ternyata tidak selalu baik. Seseorang yang kekurangan gizi, masalah endokrin (kelenjar buntu) dan artritis (peradangan persendian) kronis dapat dilihat dari kuku yang sangat lembut.

4.     Kuku Lebih

Kuku lebih yang tumbuh di sekitar ujung jari yang bengkak mengidentifikasi adanya penyakit kronis seperti masalah jantung dan sirosis hati alias kerusakan sel-sel hati.

5.     Rapuh

Bahan kimia seperti detergen dapat menyebabkan kuku rapuh atau bahkan terbelah. Bercak putih kecil biasanya tanda cedera pada matriks kuku. (cumicumi@Jak)


Foto: tescomagazine.com

 

Tags: cermin, informasi, Jelaskan, Kesehatan, Kondisi, kuku, Penyakit, Sakit, Tubuh

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Kamis, 17/4/2014 12:04

Oki Setiana Dewi mengantar suaminya, Ori Vitrio, berangkat umroh. Perjalanan Ori ke Tanah Suci lewat travel yang merupakan usaha bersama…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com