sex and health : Bermacam Posisi Tidur Dan Pengaruhnya Bagi Tubuh

Health Jumat, 24/5/2013 11:42

 

Posisi berbaring mempengaruhi kualitas tidur sekaligus kesehatan Anda. Tak cuma itu, durasi tidur juga harus diperhatikan demi memulihkan tenaga dan stamina Anda. Lebih jelasnya, berikut ini uraian mengenai posisi tidur dan efeknya bagi kesehatan Anda dilansir laman Dailyhealthpost

1. Posisi telentang dengan tangan di samping

Tidur telentang dengan kedua lengan di samping tubuh dianggap posisi tidur terbaik untuk tulang belakang dan leher. Posisi ini baik asalkan Anda tidak memakai banyak bantal. Meski dibilang posisi terbaik, tidur telentang cenderung membuat orang mendengkur (apnea) dibanding orang yang tidur dengan posisi lain.

2. Posisi telentang dengan tangan ke atas

Posisi ini biasa disebut pose 'bintang laut'. Pasalnya, kedua tangan bisa ditaruh di sekitar bantal atau juga tidak. Posisi ini baik untuk punggung dan membantu mencegah kerutan pada wajah dan kulit jerawatan.

Kekurangannya sama persis dengan tidur telentang yakni mengakibatkan mendengkur dan masalah asam lambung. Menempatkan lengan ke atas menimbulkan tekanan pada saraf di bahu yang menyebabkan rasa sakit.

3. Posisi telungkup

Tidur dengan posisi perut di bawah meningkatkan kerja sistem pencernaan. Tapi posisi ini memiliki banyak kekurangan, Anda bakal sulit bernapas karena wajah tertutup bantal. Biasanya orang Otomatis menolehkan kepala ke samping. Bertahan pada posisi ini cukup lama membuat leher tegang. Selain itu, tidur telungkup menyebabkan nyeri punggung, karena kurva tulang belakang tidak ditopang baik.

4. Posisi janin

Tidur meringkuk dengan lutut ditekuk ke atas dan dagu miring ke bawah memang nyaman. Tapi posisi ini menimbulkan sakit punggung dan leher. Posisi tidur janin yang berlebihan bisa membatasi pernapasan. Posisi ini biasanya lebih dianjurkan untuk orang yang biasa tidur mendengkur.

5. Posisi miring dengan tangan lurus ke bawah

Ketika Anda tidur miring dengan kedua lengan di bawah, tulang belakang mendapat topangan yang baik sesuai kurva alaminya. Hal ini membantu mengurangi nyeri punggung dan leher, sekaligus masalah mendengkur. Sisi negatifnya, penuaan kulit akibat gravitasi atau daya tarik magnet bumi. Sehingga, wajah Anda cepat keriput dan payudara kendur.

6. Posisi miring dengan tangan lurus ke depan

Posisi ini punya kelebihan dan kekurangan yang sama dengan tidur miring lengan lurus ke bawah. Namun, tidur miring dengan tangan lurus ke depan menyebabkan bahu dan lengan nyeri akibat aliran darah terbatas dan tekanan pada saraf.

7. Posisi miring ke kanan dan kiri

Jika Anda suka tidur miring, arah kemiringan menentukan kualitas tidur. Tidur miring ke kanan menimbulkan sensasi terbakar di dada, sedangkan ke kiri membuat organ internal hati, paru-paru, dan perut tegang. Untuk ibu hamil, dokter biasanya menyarankan tidur miring ke kiri, karena dapat meningkatkan sirkulasi pada janin.

8. Tidur dengan bantal

Terlepas dari posisi tidur yang diinginkan, Anda bisa mendapatkan istirahat malam berkualitas dan sedikit rasa sakit di pagi hari dengan bantuan bantal. Caranya, tidur posisi telentang dan tempatkan sebuah bantal kecil di bawah lengkungan tulang belakang. Untuk orang yang suka tidur miring dapat menempatkan bantal di antara lutut, dan yang tidur telungkup bisa menempatkan bantal di bawah pinggul untuk menopang sendi dan relaksasi serta bebas nyeri di pagi harinya. (cumicumi@Jak)


Foto: news.bbc.co.uk

 

Tags: bantal, efek, Kesehatan, macam, pengaruh, Posisi, sehat, Tidur, Tubuh

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Kamis, 17/4/2014 12:04

Oki Setiana Dewi mengantar suaminya, Ori Vitrio, berangkat umroh. Perjalanan Ori ke Tanah Suci lewat travel yang merupakan usaha bersama…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com