sex and health : Jahe Legakan Pernapasan Penderita Asma

Health Rabu, 22/5/2013 10:48

 

Jahe mampu melegakan pernapasan orang yang menderita asma. Hal ini ditemukan dari sebuah penelitian terbaru oleh para ilmuwan di Universitas Columbia, Amerika Serikat. Memang, jahe adalah salah satu bumbu dapur yang dikenal berkhasiat menghangatkan tubuh. Tapi di balik itu, jahe berperan besar membuat penderita asma bisa bernapas lega.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (22/05) para ilmuwan menemukan komponen akar dari bumbu dapur yang pedas ini berinteraksi dengan obat yang disebut beta-agonis yang dapat melegakan saluran pernapasan. Nah, dengan menambahkan jahe sebagai obat, mampu meningkatkan relaksasi Airway Smooth Muscle (ASM) atau otot saluran pernapasan. Hasil ini sudah diuji di laboratorium.

"Senyawa ini memberi bantuan tambahan pada gejala asma bila digunakan dalam kombinasi dengan beta-agonis," kata pemimpin peneliti dari Universitas Columbia, AS, dr Elizabeth Townsend. "Dengan memahami mekanisme senyawa jahe mempengaruhi jalan napas, kita bisa mengeksplorasi penggunaan terapi ini dalam mengurangi gejala asma," tambahnya.

Sedikit penjelasan, serangan asma terjadi ketika saluran bronkial yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru menjadi ketat dan sempit. Nah, dengan beta-agonis otot-otot saluran napas bakal relaksasi. Sehingga, membantu saluran pernapasan membuka dan penderita asma bisa bernapas.

Untuk membuktikan khasiat jahe, pertama-tama, para ilmuwan mengambil sampel jaringan ASM manusia dan membuat mereka berkontraksi dengan cara membukanya ke sinyal saraf asetilkolin kimia. Kemudian, sampel tersebut diberi perlakuan pada isoproterenol beta-agonis yang dicampur dengan tiga komponen terpisah jahe - 6-gingerol, 8-gingerol atau 6-shogaol.

Dari tiga, 6-shogaol paling efektif meningkatkan efek relaksasi beta-agonis. Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa ketiga senyawa jahe ditekan sebuah enzim yang terkait dengan gejala asma. Selain itu, 6-shogaol filamen protein terlarut diketahui berperan dalam konstriksi tabung bronkial. Penemuan ini dipresentasikan pada American Thoracic Society 2013 konferensi di Philadelphia.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa komponen jahe yang dimurnikan dapat bekerja secara sinergis dengan beta-agonis untuk memberikan rasa rileks pada ASM," ucap Elizabeth. Sederhananya, jika Anda penderita asma, sertakan jahe dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi agar Anda bisa bernapas lega. (cumicumi@Jak)


Foto: prevention.com

 

Tags: asma, bumbu dapur, Jahe, lega, napas, pasien, Pedas, Penderita, penelitian, pernapasan

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Kamis, 17/4/2014 12:04

Oki Setiana Dewi mengantar suaminya, Ori Vitrio, berangkat umroh. Perjalanan Ori ke Tanah Suci lewat travel yang merupakan usaha bersama…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com