sex and health : Cara Atasi Bau Ketiak Akibat Keringat Berlebih

Health Kamis, 18/4/2013 10:41

Setiap orang memiliki bau badan yang berbeda-beda dan khas. Hal ini terjadi akibat keringat berlebih yang keluar dari tubuh. Keringat berlebih dikenal juga dengan hiperhidrosis.

Munculnya keringat berlebih bisa jadi karena faktor keturunan. Ada juga yang menyebut keringat berlebih disebabkan ketidakseimbangan hormon, semangat yang berlebihan, makanan pedas, olahraga, atau juga stres. Namun, Anda tak perlu khawatir. Bau badan akibat keringat berlebih dapat dihilangkan dengan beberapa cara mudah yang dilansir laman Times Of India.

  1. Banyak minum air mineral. Rajin mengonsumsi air mineral sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain berfungsi membersihkan tubuh Anda dari racun, air mineral juga dapat mencegah bau ketiak.
  2. Pakai pakaian tepat. Memakai pakaian berbahan katun membantu kulit Anda bernapas dan mengatasi keringat berlebih. Karena bahan katun sejuk sehingga tubuh tidak mudah berkeringat. Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari kain yang membuat kulit Anda panas dan iritasi sehingga timbul keringat berlebihan.
  3. Jeruk nipis. Jeruk nipis membantu mengurangi keringat berlebih dan mencegah bau badan. Anda dapat menggosokkan satu setengah jeruk nipis ke ketiak Anda. Namun, jika Anda menderita ruam (gatal), hentikan penggunaannya.
  4. Pakai deodorant. Deodorant membantu mengurangi bau badan Anda. Karena, cara kerja deodoran menyumbat pori-pori ketiak yang mengeluarkan keringat. Meski membantu menyingkirkan keringat, bahan kimia di dalamnya ternyata memiliki efek samping membuat kulit iritasi dan berubah warna.
  5. Konsumsi makanan sehat dan turunkan berat badan. Untuk menghindari bau badan, konsumsilah makanan sehat dan turunkan berat badan. Pasalnya, kelebihan berat badan menyebabkan keringat berlebih. Jika berat badan Anda sudah normal, Anda perlu mengonsumsi banyak serat untuk diet Anda. Hindari mengonsumsi rempah-rempah semisal bawang dan lainnya yang bisa membuat keringat Anda bau. Ini akan membantu Anda untuk membuang semua racun dari tubuh Anda.
  6. Konsultasi ke dokter. Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun masih belum mempan dan Anda masih bau badan, konsultasilah ke dokter. (cumicumi@Jak).

Foto: motherboard.vice.com

 

 

Tags: atasi, bau, bau badan, berlebih, Cara, hindari, keringat, Ketiak

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Senin, 21/4/2014 12:03

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela menikah lagi. Momen istimewa tersebut dilakukan di Cipanas, Jawa Barat. Tapi, pernikahan Dhani dan Mulan…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com