Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Meriahnya Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara Kelima di Madura

CUMI XTRA
Meriahnya Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara Kelima di Madura

Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara (FKMA) kelima akhirnya digelar di Sumenep, Madura, Minggu (28/10) lalu. Acara berlangsung sangat meriah, dihadiri ratusan orang dari berbagai daerah di Indonesia.

festival-sumenep2.jpg

Cumicumi.com bersama Bang Onnih alias Ronny Kusuma mendapat undangan untuk menyaksikan langsung jalannya acara, termasuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara yang juga hadir memeriahkan FKMA kelima.

“Sekarang ada kirap dari semua keraton-keraton yang hadir. Ini dilakukan di jalan utama di depan Masjid Jami Sumenep dan juga keraton,” kata Bang Onnih melaporkan.

“Ramai Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara kelima, hebat Sumenep, Madura, sukses,” sambungnya.

Setelah kirap digelar, Bang Onnih dikejutkan dengan sebuah mobil kayu karya Edi Ban. Percaya atau tidak, kendaraan roda empat itu terbuat dari kayu jati dan proses produksinya membutuhkan dana yang cukup besar.

festival-sumenep1.jpg

“Itu mobil tapi bodinya terbuat dari kayu jati. Pembuat namanya Edi Ban, asal Sumenep, Madura. Kenapa Edi Ban, karena Edinya juragan ban di Sumenep, Madura. Budget buat mobil ini Rp 350 juta dan dibuat selama dua tahun. Dia pengen punya satu karya yang dibanggakan sebagai warga Madura,” tutup Bang Onnih. O vin