Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Selamat Berkat Petugas ATC, Pilot Batik Air Rekam Tsunami Palu dari Kokpit

CUMI XTRA
Selamat Berkat Petugas ATC, Pilot Batik Air Rekam Tsunami Palu dari Kokpit

Pilot maskapai Batik Air Kapten Ricosetta Mafella beserta seluruh awak dan penumpangnya selamat dari terjangan gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu, Sulawesi Tengah. Semua itu berkat aksi heroik petugas Air Traffic Controller, Anthonius Gunawan Agung, yang telah korbankan nyawanya demi tunaikan tugas.

Pesawat berhasil lepas landas dengan panduan Agung dari menara ATC Bandara Mutiara SIS Al Jufrie. Sesaat setelah mengudara, dari dalam kokpit, sang pilot mengabadikan detik-detik terjadinya gelombang tsunami, yang diunggahnya di Instagram.

Kapten-Ricosetta-Mafella-2.jpg

"Batik Air ID 6231 dijadwalkan berangkat pada 17.55, pintu ditutup pada 17.52. Pukul 18.02 setelah jalur kosong untuk lepas landas, gedung menara runtuh," cerita Kapten Mafella dalam unggahannya.

"Kami baru saja bergeser ke landasan. Saya merasakan sesuatu yang salah di landasan saat take off roll. Pukul 18.02 gempa 7,7-7,7 pada skala richter menghantam kota Palu," sambungnya.

BACA JUGA, Selamat dari Gempa Palu, Pasha dan Adelia Tidur Desak-desakan di Tenda Pengungsian

Sang kapten begitu bersyukur bisa selamat dari bencana maha dahsyat itu. Ia mengaku mendengar suara yang memberi tahunya untuk terbang lebih awal dari yang dijadwalkan. Jika tidak, bisa jadi tsunami telah hanyutnya pesawat yang dipilotinya.

"Puji Tuhan ada suara (Roh Kudus yang saya percaya) memberitahu saya untuk berangkat lebih awal. Saya bergegas lakukan proses boarding. Terlambat 30 detik saya tidak akan terbang. Terima kasih Yesus," tulisnya.

"Saya mengambil video ini tepat setelah terbang di ketinggian 1500 kaki. Gelombang aneh-Tsunami," tutup Kapten Mafella. O fie/berbagai sumber