Jokowi dan Iriana Unjuk Kebolehan Menari Tortor

SHARE THIS NEWS

Jokowi dan Iriana Unjuk Kebolehan Menari Tortor

Pesta adat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution masih belum selesai. Acara dilanjutkan pada Sabtu (25/11), yang dihadiri Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Di acara ini, orang tua Kahiyang itu didaulat menari Tortor.

pesta-adat-kahiyang1.jpg

Pantauan cumicumi.com di lokasi acara yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Iriana unjuk kebolehan menari tarian khas suku Batak itu. Mungkin baru pertama kali Iriana menari Tortor, gerakan badannya tampak kaku.

iriana-jokowi-tortor1.jpg

Di belakang Iriana tampak ibunda Bobby Nasution, yakni Ade Hanifah Siregar. Berbeda dengan Iriana, Ade sudah terbiasa menari Tortor hingga gerakannya luwes mengikuti alunan musik yang diputar.

Jokowi tak mau kalah dengan sang istri. Ia juga didaulat menari Tortor, bersama sejumlah pria yang diduga adalah para raja di sana. Memakai setelan jas hitam dipadu dengan kemeja putih, Jokowi melengkapi penampilannya dengan kain ulos yang diletakkan di pundak.

jokowi-menari-tortor2.jpg

Presiden Republik Indonesia itu perlahan menggerakkan tangan, menggoyangkan badan, meski sama seperti sang istri, Jokowi tampak kaku. Meski demikian, aksi Jokowi dan Iriana menari Tortor adalah yang paling dinanti masyarakat di seluruh Tanah Air.

kahiyang-dan-bobby-poesta-adat.jpg

Sabtu (25/11) digelar acara Tapian Raya Bangunan. Ada makna simbolis dari prosesi ini. Kahiyang Ayu tampak cantik memakai kebaya berwarna merah menyala, di kepalanya terdapat mahkota emas khas Batak. Sementara Bobby memakai baju khas Batak dilengkapi dengan kain sarung, senada dengan kebaya sang istri. O bar/vin