Cumicumi, #1 Video Entertainment Portal

Pemain Saltum, Film Hanung Bramantyo Diprotes Putri Raja Yogya

CUMI MOVIES & TV
Pemain Saltum, Film Hanung Bramantyo Diprotes Putri Raja Yogya

Hanung Bramantyo kembali menerima protes untuk film yang digarapnya. Kali ini, film terbarunya, Sultan Agung The Untold Story, dikritik oleh putri Raja Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Bendara. Masalahnya, pemain film tersebut saltum alias salah kostum, pakai batik yang motifnya tak sesuai.

Batik yang dimaksud adalah sarung yang dipakai sosok Sultan Agung yang diperankan Ario Bayu. Bermotif parang, hanya saja ukuran dan warnanya tidak tepat.

hanung-bramantyo-1.jpg

"Aduuuh duh duh... hancur hati ku... yg memerankan Sultan Agung kok ya pake parang yg kecil dan warna nya biru pula... padahal yg membuat Parang Barong adalah Ibu beliau. Malah yg memerankan Abdi dalem di belakangnya yg pake Parang lbh besar. Iki piye iki piye jal. ." tulis GKR Bendara lewat foto yang diunggahnya ke Instagram.

BACA JUGA, Ditegur Hanung Bramantyo, Billa 'Barbie Cikarang' Mau Mewek

GKR Bendara juga menjelaskan jika motif parang hanya boleh digunakan kerabat keraton. Semakin besar ukuran parangnya, semakin tinggi pula kedudukannya di keraton.

"Pengunaan Parang hanya boleh untuk kerabat Kraton. Yg ber ukuran 12 cm hanya diperuntukan Raja, yg ber ukuran 8 cm untuk Permaisuri dan yg lebih kecil lagi unt putri dan Pangeran. .," tulisnya dalam unggahan lain.

hanung-bramantyo-2.jpg

Putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X dan GKR Hemas ini mengingatkan untuk mencari referensi budaya dulu sebelum membuat film yang berkaitan dengan sejarah keraton.

Namun hingga berita ini diturunkan, Hanung belum berikan pernyataan apapun terkait protes yang dilontarkan GKR Bendara pada film besutannya. O fie/berbagai sumber