Profile

 

Nama Asli: Raden Oma Irama
Nama Beken: Rhoma Irama
Tempat Lahir: Tasikmalaya
Tanggal Lahir: 11 Desember 1946
Nama Orang Tua: Raden Burdah Anggawiya (ayah) dan Tuti Juariah (ibu)
Nama Istri: istri pertama Veronica (cerai), istri kedua Ricca Rachim, Angel Lelga (siri)
Nama Anak: Debby, Fikri, Romy, Ridho 

Raja Dangdut. Itulah julukan untuk penyanyi bernama asli Raden Oma Irama yang populer dipanggil Rhoma Irama. Rhoma lahir di Tasikmalaya, 11 Desember 1946. Dalam perjalanan kariernya, banyak karya Rhoma yang dikenal masyarakat karena cengkok dangdut dan liriknya yang mudah dihafal serta membuat badan serasa nggak dapat berhenti bergoyang. 

 
Bang Haji, panggilan akrab pria yang sempat menikah sirri dengan Angel Lelga atau Angelique ini telah merampungkan banyak album rekaman, yaitu Ke Bina Ria (1974), Joget (1975), Penasaran (1976) , Hak Asasi (1977), Gitar Tua Oma Irama (1977), Berkelana (1978), Rupiah (1978), Begadang (1978), dan Perjuangan dan Doa (1980).
 
Tangan dingin Rhoma Irama tidak hanya pandai dalam menciptakan lagu, tetapi juga dalam berakting. Lagu-lagu ciptaannya banyak diputar diberbagai acara musik, namun film yang dibintangi oleh ayah dari Ridho Irama ini pun juga menyita banyak perhatian masyarakat. Dalam berbagai filmnya, anak dari Raden Burdah Anggawiya dan Tuti Juariah ini tak pernah absen menyanyikan lagu ciptaannya sebagai soundtrack film tersebut. Beberapa lagu ciptaannya yang dijadikan judul film adalah Darah Muda (1977), Begadang (1978), Camelia (1979), dan Melody Cinta Rhoma Irama (1980).
 
Untuk kehidupan pribadi, Rhoma menikahi Veronica pada 1972, seorang wanita Nasrani yang menjadi muslim setelah dinikahinya, yang kemudian memberinya tiga orang anak, Debby (31), Fikri (27), dan Romy (26). Rhoma akhirnya bercerai dengan Veronica bulan Mei 1985.
 
Sebelum bercerai, sekitar setahun sebelumnya, Rhoma menikahi Ricca Rachim, juga seorang wanita Nasrani yang kemudian menjadi muslim setelah dinikahinya. Ricca adalah lawan mainnya dalam beberapa film seperti Melodi Cinta, Badai di Awal Bahagia, Camellia, Cinta Segitiga, Pengabdian, Pengorbanan, dan Satria Bergitar. Hingga sekarang, Ricca tetap mendampingi Rhoma sebagai istri. Mereka mengangkat seorang anak bernama Ridho Irama/Ridho Rhoma. 
 
Kemampuannya yang serba bisa mendapat pujian dari banyak pihak hingga akhirnya pria yang pernah mengemban pendidikan di Perguruan Tinggi Universitas 17 Agustus, Jakarta ini berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi, seperti The South East Asia Superstar Legend, Lifetime Achievement Award pada penyelenggaran perdana Anugrah Musik Indonesia (AMI) Dangdut Awards.
 
Sayangnya, kesuksesan pria yang identik dengan jambang lebatnya tidak dibarengi kehidupan harmonisnya dalam berkeluarga. Rhoma Irama sempat bercerai beberapa kali dan melakukan nikah siri. Dari pernikahan yang pernah dilakukannya, ia dikaruniai anak yang beberapa di antaranya ikut terjun dalam dunia seni, Debby, Fikri, Romy, Ridho Rhoma.
 
Pada 2003, Rhoma kembali menjadi sorotan media karena mengkritik Inul Daratista, penyanyi dangdut yang sedang naik daun karena mengandalkan gaya tarinya (goyang ngebor) yang dianggap mesum. Rhoma dengan mengatas-namakan organisasi PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia), menentang peredaran album Goyang Inul yang dirilis Blackboard di penghujung Mei 2003. Pada saat itu Rhoma Irama kemudian dikecam sebagai seorang munafik oleh pendukung Inul.
 
Masih di tahun yang sama, Rhoma sempat mendapat pengalaman buruk. Rhoma dalam sebuah pengerebekan, tertangkap basah beduaan sedang berduaan di apartemen Angel Lelga, sekitar jam 11-4 pagi. Pengerebekan ini banyak ditayangkan media infotainment, dan menjadi permulaan turunnya pamor raja dangdut ini. Kejadian ini disanggah Rhoma dengan berdalih bahwa ia hanya memberikan nasihat dan petuah agar menghindarkan Angel Lelga dari jurang kenistaan, setelah beberapa waktu kemudian Rhoma mengakui bahwa ia sebenarnya telah menikah dengan Angel Lelga.
 
Dia digerebek oleh wartawan di Apartemen bersama Angel Lelga sebenarnya keduanya telah menikah secara siri, otak di balik pengerebekan tersebut adalah Yati Octavia dan suaminya Pangky Suwito yang juga tinggal di Apartemen Semanggi dan turut hadir bersama wartawan pada saat pengebrekan. Pada 2 Agustus 2005, Rhoma mengumumkan telah menikahi artis sinetron Angel Lelga secara siri pada 6 Maret 2003, namun hari itu juga ia menceraikannya. 
 
Kemudian Pada November 2005, sebuah tayangan infotainment Kabar Kabari memberitakan Rhoma Irama mengatakan band GIGI adalah band frustasi dan tidak kreatif. Komentar tersebut berhubungan dengan kesuksesan album rohani Raihlah Kemenangan yang dirilis GIGI. Menurut Rhoma, album yang sepenuhnya berisi lagu aransemen ulang itu mengesankan kelompok musik tersebut sebagai band yang frustasi dan tidak kreatif. Berita ini kemudian disanggah oleh Rhoma. Berita ini sudah diralat, setelah Rhoma Irama mengirimkan protes ke meja redaksi RCTI dan manajemen acara infotaintment KABAR-KABARI. Berita ini beredar karena kesalahan narator dalam menanggapi berita tentang pernyataan Rhoma Irama. Dan Rhoma Irama sendiri dengan band GIGI tidak ada masalah dan "santai" saja.
 
Pada Januari 2006, kembali Rhoma di hadapan anggota DPR mengeluarkan pernyataan menentang aksi panggung Inul, dalam dengar pendapat pembahasan RUU Antipornografi antara DPR dan kalangan artis.
 
Pada Juli 2012, Kembali Rhoma Menciptakan Kontroversi dengan melakukan Politik "SARA",Yang seharusnya tidak Boleh/Tidak dapat berlaku di NKRI yang memiliki persatuan budaya,etnis,bahasa,agama (Bhineka Tunggal Ika). Saat itu, Rhoma sedang memberi ceramah agama namun dia dikabarkan telah melukai ke-Bhinekaan Indonesia lewat perkataan yang dinilai menyinggung etnis dan agama lain. 
 
Kini, kabar terbaru dari Rhoma adalah dia mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum Presiden untuk masa jabatan 2014-2019. Rhoma mengaku didukung para ulama, habib, ustadz, dan para pemuka agama. Atas dukungan itu, Rhoma memutuskan maju di Pilpres 2014 sebagai calon Presiden Republik Indonesia. (cumicumi@Jak)

blog comments powered by Disqus

Local Buzz

Worldwire

Photos

Kamis, 17/4/2014 12:04

Oki Setiana Dewi mengantar suaminya, Ori Vitrio, berangkat umroh. Perjalanan Ori ke Tanah Suci lewat travel yang merupakan usaha bersama…

 
 
more
Review cumicumi.com on alexa.com